Senin, 21 Mei 2012

10 Langkah Untuk Menjadi Siswa yang Lebih Dewasa

Kalian, siswa yang emosinya masih labil, bisa dengan segera memahami kedewasaan. Caranya mudah, ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Pahami dirimu
    Sebelum kamu menjadi lebih dewasa, wajib untukmu untuk memahami dirimu dahulu, lebih tepatnya pahami bagian manakah kamu yang seperti anak-anak. Maka, perbaikilah itu.
  2. Jangan pernah melebih - lebihkan (Alay/Lebay)
    Jika kamu menghadapi suatu masalah, jangan pernah kamu melebih-lebihkan masalah itu, apalagi menceritakannya kesemua orang, cukup ceritakan pada sahabat atau orang terdekat saja. jika kamu mendapat sesuatu yang menarik, jangan pernah kamu berteriak, hanya cukup tersenyum dan pasanglah wajah manis.
  3. Berfikirlah kedepan
    Dalam menghadapi masalah, ingatlah masa lalumu, dan mulailah berfikir, bagaimana kamu menyelesaikannya dengan memikirkan dapaknya kedepan. Jadilah seorang yang pemikir.
  4. Jangan pernah ingin mengerti urusan orang lain
    Jika kamu mendengar temenmu sedang sedih, hanya tanyakan "Kenapa?", jika dia tidak menjawab, maka biarkanlah, karena dia hanya ingin sendiri. Dan jangan pernah memaksanya untuk bercerita. Jika dia ingin menceritakannya, maka jadilah pendengar yang baik. Dan jika kamu ingin memberi solusi, pikirkan dan cerna dulu masalahnya, pikirkan dampaknya pula. Barulah beri solusinya.
  5. Positive Thinking
    Jangan pernah berfikiran negatif tentang apapun. Karena itu menyebabkan timbulnya sugesti yang mungkin bisa jadi nyata.
  6. Harus Konsisten
    Jika kamu memiliki sebuah pegangan, maka tegulah pada pegangan itu. Karena suatu saat pasti akan ada yang ingin mengacaukan peganganmu itu. Maka konsistenlah, jangan pernah merubah pegangan hidupmu itu, karena sesungguhnya penganganmu adalah hidupmi, apabila merubahnya sedikit saja, maka kamu akan hancur.
  7. Pikirkan perasaan Orang Lain
    Berhati-hatilah dalam berbicara, perasaan orang lain sangatlah penting. Jaga perasaan mereka, pikirkanlah perasaan mereka saat kamu berkata-kata. Apa menyakitkan atau memberi semangat.
  8. Jangan mengharapkan jika itu belum tentu jadi milikmu
    Jika kamu menginginkan barang, dan tak mungkin dicapai dalam waktu itu juga, yakinlah suatu saat kamu pasti akan mendapat yang jauh lebih baik.
  9. Jadikan Penyemangat meski bukan milikmu
    Jika kamu menginginkan seseorang, namun orang itu tak mengerti kamu, maka jadikanlah itu sebagai motivasi penyemangatmu, yakinkan diri "Dengan aku mendapat yang terbaik, maka dia akan mengerti aku."
  10. Jangan pernah biarkan cinta menguasaimu
    Jika kamu terbawa emosi sesaat, atau lebih sering disebut cinta. Jangan pernah penuhi hati dan pikiranmu dengan cinta. Ingatlah "Cinta Hanya Sesaat." namun, jika kamu sudah bisa mengendalikannya kamu termasuk orang dewasa dan kamu adalah orang yang sukses. Ingat, Jangan Biarkan CINTA menguasaimu
Silakan mencoba menjadi Dewasa. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar